Jumat, 27 Januari 2017

PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI ANAK USIA DINI

Latar Belakang
Pada masa era globalisasi teknologi merupakan salah satu sarana yang tidak lepas pada kehidupan sehari – hari untuk melakukan aktivitas. Jadi, dalam masa era globalisasi seperti sekarang ini, setuju atau tidak, mau atau tidak mau, kita harus berhubungan dengan teknologi khususnya teknologi informasi. Hal ini disebabkan karena teknologi tersebut mempengaruhi kehidupan kita sehari – hari. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak “gagap” terhadap perkembangan teknologi informasi. Banyak hasil penelitian menunjukan bahwa siapa yang terlambat menguasai informasi, maka terlambat pula memperoleh kesempatan untuk maju.
Dalam proses pembelajaran kita harus menciptaan model – model pembelajaran yang inovatif, maka pembelajaran berbasis TIK sangatlah berperan untuk peningkatan mutu peserta didik. Komputer kini tengah menjadi salah satu media pembelajaran untuk anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya program-program komputer dalam bentuk CD.
Pembelajaran melalui komputer yang diterapkan pada anak usia dini tentunya dapat menstimulasi kecerdasan mereka, misalnya kecerdasan kognitif mengenai pemahaman konsep bilangan maupun kecerdasan bahasa dan mengasah kemampuan untuk berpikir kritis.
Pembelajaran melalui komputer bagi anak dapat menstimulasi koordinasi mata dengan ketepatan gerak tangan dengan belajar menggunakan mouse. Secara tidak langsung pembelajaran melalui komputer juga membantu perkembangan motorik halus.
Selain dari kegunaan pembelajaran komputer bagi anak ada juga masalah yang dikhawatirkan orang tua saat ini. Kebanyakan orang tua saat ini merasa serba salah jika anak mereka bersahabat dengan komputer. Keinginan kuat agar anak mereka tidak gagap teknologi dan bisa lebih banyak belajar melalui komputer terkadang kendur ketika melihat dampak negatif yang sering ditimbulkan dari penggunaan komputer yang tidak tepat. Jadi untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu sekali pembahasan tentang kegunaan komputer bagi anak, pengaruh positif dan negatif dari penggunaan teknologi serta cara menyikapi dampak negatif dari penggunaan teknologi tersebut.
B. Perumusan Masalah
Dari sudut pandang diatas penulis membatasi bermasalahan diantaranya sebagai berikut :
1. Mengenalkan teknologi informasi pada anak usia dini
2. Menjelaskan pengaruh pengembangan teknologi informasi pada anak usia dini
3. Menjelaskan cara menyikapi dampak negatif dari pengembangan TI AUD
C. Tujuan Makalah
1. Agar pembaca dapat mengenalkan teknologi informasi pada anak usia dini secara benar
2. Agar pembaca dapat mengetahui pengaruh dari pengembangan teknologi informasi pada anak usia dini
3. Agar pembaca tahu bagaimana cara menyikapi dampak negatif dari pengembangan TI AUD

https://temanais.wordpress.com/2015/11/13/makalah_-penggunaan-teknologi-informasi-bagi-anak-usia-dini/

Artikel Terkait